Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Siapkan Subsidi untuk Sineas

Kompas.com - 30/03/2011, 19:16 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -- Pemerintah melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) akan menyiapkan subsidi kepada sineas film yang memproduksi film dengan tema kepahlawanan dan film yang mampu membangun karakter anak-anak.

"Jadi siap-siaplah sineas mengancang-ancang film apa yang kira-kira akan dibuat," kata Menbudpar Jero Wacik dalam acara Hari Film Nasional ke-61 di Gedung Sapta Pesona, Rabu (30/3/2011).

Pada acara tersebut, Jero juga mengumumkan lomba penulisan cerita film bertemakan anak-anak dan kepahlawanan. Nantinya, film tersebut akan divisualisasikan ke dalam film layar lebar. "Nanti saya cari subsidi untuk memproduksinya. Kalau disetujui, dari Budpar sendiri yang membiayai," katanya.

Sementara itu, Direktur Perfilman Kemenbudpar Syamsul Lussa menyebutkan pihaknya telah mengadakan beberapa festival seperti Festival Kine Klub dan Flick Short Movie.

Saat menyinggung masalah pajak film dalam negeri, Jero mengungkapkan untuk bea masuk komponen bahan impor untuk pembuatan film dalam negeri kini nol persen. Dulu komponen bahan impor tersebut dianggap sebagai barang mewah. Karena itu bea masuk yang dikenakan adalah 40 persen.

"Mestinya jadi banyak film-film yang dibuat. Prosedur jadi lebih mudah, karena cost lebih kecil," katanya.

Selain itu, pihaknya juga sedang mengusahakan PPN (Pajak Penambahan Nilai) film nasional menjadi lebih ringan. "PPN kalau bisa dikecilkan atau sedang diusakahan supaya dinolkan," tambahnya.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com